Kata Pengantar
Puji dan syukur saya panjatkan kepada Allah Swt yang telah
memberikan rahmat dan karunianya sehingga tersusunnya tugas makalah ini.
Dalam tugas ini yang akan saya bahas adalah tentang pemodelan
desain grafik. Didalam menyelesaikan makalah ini, saya menyadari masih banyak
kekurangannya, untuk itu penyusun mengharapkan tegur, sapa atau kritik demi
perbaikan yang akan datang.
Saya pun mengucapkan
terimakasih kepada semua pihak terutama dosen softskill saya Ibu Yuli Maharetta
yang telah membimbing dan menjelaskan demi tercapainya penyelesaian tugas
makalah ini.
Jakarta, 6 oktober 2012
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Didalam desain permodelan grafis terdapat berbagai macam macam masalah dibidang
ilmu pengetahuan seperti pringsip didalam desain permodelan grafis itu sendiri
yaitu Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain
lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis,
ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.
Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm),
tekanan (emphasis), proporsi (”proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian
membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
B. Tujuan
Tujuan yang akan dibahas didalam makalah ini adalah mengetahui tentang :
- Pengertian desain permodelan grafis
BAB II
ISI
Sebelum masuk dalam pengertian design pemodelan grafik ada baiknya kita
mengetahui satu persatu dari setiap kata design pemodelan grafik tersebut.
Kata pertama adalah “Desain”, kalimat desain memiliki banyak arti, bagi saya design itu adalah visualisasi dari seni dan pengekspresian dari kecerdasan pikiran manusia dapat berupa rupa, bentuk, maupun visualisasi nyata dengan proses yang menghasilkan sesuatu yang lebih berguna misalnya adalah sebuah daur ulang kaos olahraga yang terbuat dari daur ulang botol minuman yang berbahan plastik yang pasti dari daur ulang ini menghasilkan barang yang lebih berharga baik dari segi ekonomis maupun bentuk.
Kata pertama adalah “Desain”, kalimat desain memiliki banyak arti, bagi saya design itu adalah visualisasi dari seni dan pengekspresian dari kecerdasan pikiran manusia dapat berupa rupa, bentuk, maupun visualisasi nyata dengan proses yang menghasilkan sesuatu yang lebih berguna misalnya adalah sebuah daur ulang kaos olahraga yang terbuat dari daur ulang botol minuman yang berbahan plastik yang pasti dari daur ulang ini menghasilkan barang yang lebih berharga baik dari segi ekonomis maupun bentuk.
Selanjutnya adalah “pemodelan”, model
dapat berarti sesuatu yang menjelaskan sebuah objek, sistem maupun konsep yang
dapat berupa bentuk fisik, visualisasi maupun rumusan matematis dan
kalimat pemodelan dapat berarti penerapannya dalam dunia nyata, dapat di
jadikan tolak ukur maupun resensi.
Dan kata terakhir adalah dari “grafik”, itu
sendiri dapat mengacu pada gambar, garis, lingkaran, lengkungan yang
bergabung menjadi satu membentuk sebuah bangun atau pencitraan baik 1, 2,maupun
3 dimensi atau lebih. Secara artis luas Desain Pemodelan Grafik adalah
visualisasi atau pengekspresian nyata dengan proses baik berupa fisik,
visualisasi yang berupa gambar, garis, ataupun bentuk lainnya yang bergabung
dan membentuk untuk menjadi sesuatu yang lebih berharga. Seni disain
grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di
dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai
macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran,
brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya. Akhir-akhir ini,
proses (secara umum) juga dianggap sebagai produk dari desain, sehingga muncul
istilah “perancangan proses”. Salah satu contoh dari perancangan proses adalah
perancangan proses dalam industri kimia.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Jadi dalam design pemodelan grafis ini adalah suatu
ilmu yang mempelajari tentang membuat dan menciptakan obyek baru berupa seni
terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa
perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal untuk
pembuatan, penyimpanan, dan manipulasi model dan citra.Wadah untuk mempermudah
kita melakukan sebuah pekerjaan yang memungkinkan suatu objek itu untuk di
design secara visual, guna mempermudah dan memperindah suatu objek tersebut.
Objek tersebut terlihat dalam bentuk 3D, dalam bentuk inilah akan terlihat
seperti nyata.
ANALISA
kelebihan grafik itu mengacu pada gambar, garis, lingkaran, lengkungan yang bergabung menjadi satu membentuk sebuah bangun atau pencitraan baik 1, 2,maupun 3 dimensi atau lebih. sedangkan kekurangannya Untuk memahami suatu design pemodelan grafis, ada baiknya kita lebih memahami katagori-katagori dari design pemodelan grafis tersebut. Dan ditekankan untuk mempelajari apa itu design pemodelan grafis.
Referensi :