BAB I
PENDAHULUAN
Latar
Belakang
Desain
grafis adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar.
Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup
seni visual, tipografi, tata letak, dan desain interaksi.
Desain
grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah,
dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis
juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain
interaktif atau desain multimedia.
Batas
dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain
grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup
pengolahan ruang.
§ Rumusan
Masalah
Ada pun
rumusan masalah pada makalah ini sebagai berikut :
1. Apa
pengaruh teknologi terhadap perkembangan grafis dan pemodelan?
2. Apa
pengaruh grafis terhadap perubahan teknologi?
§ Tujuan
Tujuan
dari penulisan makalah ini adalah :
1. Mahasiswa
dapat memahami konsep dasar perkembangan grafis dan pemodelan.
2. Mahasiswa
dapat menjelaskan konsep dasar perubahan teknologi.
BAB II
PEMBAHASAN
§ KONSEP DAN DEFINISI PEMODELAN GRAFIK DAN
TEKNOLOGI
Desain
pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan
menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan
memanipulasi model dan citra. Pemodelan grafik terdiri dari 2 suku kata yakni
Pemodelan dan Grafik dan jika diuraikan masing – masing dari setiap arti suku
kata tersebut memiliki pengertian sebagai berikut :
Pemodelan
Pemodelan
adalah pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang. Pemodelan
adalah tahap dimana akan dibentuknya suatu obyek. Proses pemodelan ini
memerlukan perancangan dengan beberapa langkah saat pembuatannya.
Grafik
Grafik
didefinisikan sebagai pengungkaapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, simbol
dan gambar dengan menggunakan proses pencetakan. Grafik juga didefinisikan
sebagai suatu manipulasi model dan citra.
Sedangkan
teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang
diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
ANTARMUKA PENGGUNA GRAFIS
Dalam
teknologi komputasi, antarmuka pengguna grafis atau APG (Inggris: Graphical
User Interface atau GUI) adalah jenis antarmuka pengguna yang menggunakan
metoda interaksi pada piranti elektronik secara grafis (bukan perintah teks)
antara pengguna dan komputer.
GUI
menjadi salah satu faktor kemudahan dalam penggunaan komputer, piranti bergerak
seperti pemutar MP3, pemutar media portabel atau piranti permainan, peralatan
rumah tangga, dan peralatan kantor. GUI menggambarkan informasi dan perintah
yang tersedia untuk pengguna menggunakan ikon grafis.
Awalnya
GUI diciptakan untuk memudah programmer dalam membuat program yang berbasis
command-line interface. Karena command-line interface tidak ramah di mata dan
sulit dihapal.
Semenjak
saat itu GUI banyak digunakan terutama untuk pemodelan tiga dimensi.
Pemrograman yang menggunakan GUI inilah yang menjadi dasar bagi perkembangan
teknologi terutama dibidang desain grafis.
PENGGUNAAN
GUI DALAM PROMOSI
Biasanya
pada sebuah web akan ada sebuah gambar menarik yang jika diklik akan langsung
pindah ke web lain. Dengan menggunkan GUI lah web tersebut akan mengarahkan
kita pada sebuah halaman tertentu.
BAB III
KESIMPULAN
Desain
pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan
menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan
memanipulasi model dan citra.
GUI
adalah jenis antarmuka pengguna yang menggunakan metoda interaksi pada piranti
elektronik secara grafis (bukan perintah teks) antara pengguna dan komputer.
GUI
adalah salah satu contoh perkembangan grafis yang tercipta karena perkembangan
teknologi dan berpengaruh pada perkembangan teknologi itu sendiri.
ANALISA
kelebihannya
GUI memudahkan programmer dalam membuat program yang berbasis command-line
interface. kekurangannya karna command;ine sulit ,maka semua orang berpindah
cara dengan mengguakan GUI
BAB IV
Daftar
Pustaka
1. http://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafishttp://emy_h.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/folder/0.0